MERDEKA BELAJAR : Kajian Konsep dan Modul Ajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah/Madrasah

SINOPSIS

Merdeka belajar bermakna kemerdekaan belajar, yakni memberikan kesempatan belajar sebebas-bebasnya dan senyaman-nyamannya kepada anak anak didik untuk belajar dengan tenang, santai dan gembira, tanpa stress dan tekanan, dengan memperhatikan bakat alami yang mereka punyai, tanpa memaksa mereka mempelajari atau menguasai suatu bidang pengetahuan di luar hobi dan kemampuan mereka, sehingga mereka mempunyai portofolio yang sesuai dengan kegemarannya. Dalam merdeka belajar guru diberi kesempatan menentukan sendiri level kurikulum yang sesuai untuk muridnya dan juga cara mengajar. Pendidikan yang memerdekakan dapat dipahami dalam tiga pemahaman yaitu: menanamkan nilai-nilai yang benar dan mengubah individu yang belajar, mengedepankan nilai harkat dan martabat manusia, dan merestorasi kehidupan manusia. Sehingga dalam Merdeka Belajar, guru, orangtua, atau para pelaku Pendidikan berfungsi sebagai fasilitator yang harus menciptakan kondisi menyenangkan bagi belajar siswa. Adapun tiga prinsip Merdeka Belajar yaitu: berpusat pada murid, proses bersifat literasi, cita, cara dan cakupan belajar.

See our other portfolio

Other portfolio

Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran di Sekolah/Madrasah

Brand

Transformasi Identitas dan Otoritas Pedagogik Islam pada Pondok Pesantren Wahid Hasyim

Brand

Melihat Cahaya

Brand

Mahir Meringkas Teks Penjelasan

Brand