Transformasi Identitas dan Otoritas Pedagogik Islam pada Pondok Pesantren Wahid Hasyim

SINOPSIS

Studi antropologi pesantren dari premis Islam tentang sifat tak terpisahkan antara pengetahuan dan kesucian jiwa. Pedagogi didefinisikan bukan masalah metode dan teknik praktis, akan tetapi sebagai pendekatan holistik yang berhubungan dengan kapasitas membentuk kepribadian manusia. Lebih khusus, konsep pedagogi di pesantren didefinisikan sebagai strategi yang digunakan oleh pendidik untuk membentuk pribadi santri secara spiritual. Transformasi Identitas dan Otoritas Pedagogik Islam pada Pondok Pesantren merupakan eksplorasi bagaimana penubuhan pengajaran agama tradisional dengan metode pendidikan modern mempengaruhi identitas dan otoritas pedagogik. Proses ini merupakan cerminan dari tren yang lebih luas di Indonesia, di mana pendidikan Islam tradisional disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan masyarakat kontemporer. Ini menunjukkan pergeseran penting dalam cara pengetahuan diajarkan dan dipahami dalam konteks pendidikan Islam. Adapun implikasi yang beragam, baik pesantren itu sendiri, maupun bagi pihak-pihak terkait seperti Implikasi pendidikan, sosial, dan budaya.

See our other portfolio

Other portfolio

BUDAYA TANAMAN OBAT KELUARGA DISERTAI PEMANFAATANNYA SEBAGAI OBAT TRADISIONAL

Brand

MERDEKA BELAJAR : Kajian Konsep dan Modul Ajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah/Madrasah

Brand

Aku dan Derita

Brand

Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran di Sekolah/Madrasah

Brand